Sun. Sep 25th, 2022

Apa Itu Marketplace NFT, Cara Kerja & 5 Rekomendasi Terbaik

Kita ketahui bahwa popularitas investasi crypto di Indonesia terus meningkat. Ternyata, tak hanya aset crypto saja yang makin populer, tapi investasi turunan dari crypto termasuk langsung merebak. Tahukan anda investasi turunan crypto yang dimaksud? Yap betul, Non Fungible Token atau lebih dikenal bersama dengan singkatan NFT. Kamu sanggup mendapatkan NFT di marketplacenya. Kira-kira anda telah paham belum berkenaan apa itu marketplace NFT dan bagaimana langkah kerjanya, ya?

Sama layaknya pengertian marketplace terhadap umumnya, marketplace NFT artinya area menjual dan beli NFT atau merupakan pasarnya NFT. Dengan begitu, orang-orang sanggup bersama dengan gampang mendapatkan NFT yang mereka inginkan. Untuk lebih jelasnya berkenaan NFT dan marketplace, pihak MoneyDuck telah mengumpulkan lebih dari satu informasi, berupa definisi, langkah pembuatan NFT, dan 5 wejangan marketplace NFT yang sanggup anda coba. Semua Info berikut sanggup anda dapatkan bersama dengan membaca artikel ini sampai tuntas.

Mengenal Apa Itu NFT
NFT menjamin orisinalitas barang yang diperdagangkan

NFT merupakan token kriptografi unik yang ada terhadap blockchain dan tidak sanggup direplikasi. NFT ini sanggup digunakan untuk mewakili barang-barang yang ada di dunia nyata, contohnya karya seni atau real-estate. Karenanya, NFT sanggup dibeli, dijual atau diperdagangkan secara lebih efisien sambil mengurangi kemungkinan penipuan. NFT termasuk sanggup digunakan untuk mewakili identitas suatu individu, hak milik, dan banyak lagi.

NFT menggeser paradigma crypto. Setiap NFT ini merupakan token unik dan tak tergantikan, agar tidak terlalu mungkin satu token menukar token lainnya atau tidak sanggup punyai nilai yang sama. Uniknya lagi, NFT ini sanggup diperluas, caranya adalah bersama dengan menggabungkan satu NFT bersama dengan NFT lainnya untuk mengembangkan NFT ketiga yang unik. NFT termasuk merupakan aset investasi, makin langka NFT dan makin tinggi permintaannya, maka harganya bakal terus naik.

Apa Itu Marketplace NFT? teknopax.com
Jika ditanya berkenaan apa itu marketplace NFT, maka sanggup dijawab bahwa marketplace NFT merupakan area di mana NFT biasa ditampilkan dan diperdagangkan. Intinya, marketplace NFT ini mirip Shopee atau Tokopedia yang merupakan pasar digital, tapi marketplace NFT hanya berfokus dalam menampilkan NFT saja. Melalui marketplace ini juga, para kolektor NFT sanggup melaksanakan menjual beli NFT serta memicu token NFT pribadi kegunaan mempresentasikan kepemilikan aset, baik yang berupa digital maupun berupa fisik.

Cek Dulu Perbedaan NFT vs Bitcoin
Apakah NTF mirip layaknya Bitcoin?

Jika mendengar crypto pasti anda langsung terpikirkan Bitcoin sebab merupakan aset crypto yang punyai nilai paling tinggi waktu ini. Lalu, apakah NFT itu mirip bersama dengan Bitcoin? Sebenarnya keduanya berbeda. Setiap Bitcoin punyai nilai yang sama, jikalau waktu ini 1 Bitcoin miliki nilai $3555, maka nilai Bitcoin lainnya termasuk mirip $3555. Sedangkan nilai terhadap setiap NFT berbeda, satu NFT sanggup saja miliki nilai $12, tapi yang lainnya sanggup saja mencapai $55. Perbedaan lainnya adalah Bitcoin sanggup digunakan sebagai alat ubah namun NFT tidak sanggup digunakan sebagai alat tukar.

Bisakah Jual Beli NFT bersama dengan Bitcoin?
Setelah membicarakan berkenaan apa itu marketplace NFT, kini anda pasti bertanya-tanya apakah pembelian atau penjualan NFT sanggup gunakan Bitcoin? Jawabannya adalah bisa. Namun, anda mesti mengubahnya dulu kebentuk chain yang disajikan oleh marketplacenya. Misalnya, anda bakal membeli NFT gunakan OpenSea lewat jaringan Polygon, maka anda mesti menukar Bitcoin anda terlebih dahulu menjadi Polygon.

Baca Juga: Sejarah Bitcoin, Cara Main, dan Risiko yang Harus Diawasi

Cara Buat dan Jual Beli NFT

Untuk lebih memperjelas berkenaan apa itu marketplace NFT, anda mesti paham termasuk berkenaan tata langkah pembuatan, penjualan, dan pembelian terhadap marketplace tersebut. MoneyDuck telah rangkum penjelasan-penjelasan berikut agar anda sanggup lebih gampang memahaminya. Yuk, simak 4 poin pembahasan di bawah ini!

1. Buat Dompet Digital

Pertama, anda mesti mempersiapkan dompet digital. Dompet digital ini berfungsi untuk menyimpan seluruh aset crypto milikmu yang nantinya sanggup digunakan sebagai alat pertukaran di marketplace NFT. Contoh dompet digital yang paling tenar dan menopang banyak platform NFT adalah MetaMask dan TrustWallet. Pembuatan dompet digital ini memadai mudah, anda hanya mesti mengunduh aplikasi dompet digital yang bakal anda gunakan. Kemudian, waktu mendaftar, anda bakal memperoleh lebih dari satu kata berbahasa Inggris dan berurutan. Kata-kata berbahasa Inggris berikut mesti anda catat sebab merupakan kata sandi yang bakal anda gunakan untuk masuk ke dompet digital.

2. Buat Akun NFT di Marketplace Pilihan

Setelah dompet digital telah ada, anda mesti pilih marketplace NFT yang dambakan anda gunakan. Rekomendasi marketplace bakal dijelaskan terhadap poin berikutnya. Pembuatan account NFT termasuk sanggup dibilang memadai mudah, anda hanya mesti menghimpit “Create” sesudah memasuki platform NFT. Kemudian, anda bakal diminta mengisi lebih dari satu hal layaknya nama, external link, deskripsi, collection, dan lainnya.

3. Hubungkan Dompet Digital ke Akun NFT

Setelah kedua hal di atas tersedia, kini saatnya anda hubungkan keduanya. Biasanya bersama dengan menghimpit tombol di bagian pojok kanan atas, sesudah itu pilihan bagian “My Wallet”. Kamu bebas pilih dompet digital yang anda punya. Kamu termasuk sanggup mengganti-ganti account bersama dengan menghimpit tombol “Log Out” dan sesudah itu “Log In” ulang ke dompet digital yang lain. Setelah keduanya terhubung, maka bakal tampil jumlah dana yang anda miliki. Jika masih kosong, maka sanggup melaksanakan deposit crypto terlebih dahulu.

4. Daftarkan Koleksi untuk Dijual

Cara paling akhir adalah mempersiapkan koleksi yang bakal anda jual. Koleksi bebas sanggup berupa apa saja, sanggup JPG, PNG,MP4, GIF, dan lainnya. Biasanya, koleksi tidak boleh melebihi 100 MB. Untuk jadi menjualnya, anda mesti mengisikan Info jumlah supply koleksi milikmu tersebut, blockchain yang bakal anda gunakan, serta harga yang anda patok per satu koleksinya. Setelah itu, anda mesti tekan “Create” dan menunggu kapan koleksimu bakal terjual.

Baca Juga: Apa itu Trading Crypto? Kenali Arti, Keuntungan, dan Cara Main

5 Marketplace NFT Lokal dan Internasional
Ketika membicarakan apa itu marketplace NFT, maka bakal jadi hampa kecuali kita tidak membicarakan contoh-contoh marketplacenya. Dengan membicarakan hal berikut termasuk bakal mempermudah anda dalam pilih marketplace yang cocok bersama dengan kebutuhan kamu. Berikut merupakan 5 marketplace NFT lokal maupun internasional yang sanggup anda gunakan untuk memperdagangkan NFT milikmu.

1. OpenSea

Marketplace NFT pertama ada OpenSea. Jika anda membukanya gunakan TrustWallet, maka langsung pilih bagian Dapps, sesudah itu cari OpenSea. Setelah masuk ke OpeanSea, sambungkan bersama dengan dompet digital kamu. Setelahnya, siapkan karya yang bakal anda unggah di marketplace tersebut. Lalu, tekan bagian “Profile” terhadap bagian pojok kanan atas. Pilih bagian “My Collection” untuk mengunggah karya. Pada bagian “My Collection” anda bakal diminta mengisi lebih dari satu Info layaknya nama, deskripsi, lama waktu penjualan, jumlah koleksi, dan harga yang anda terapkan. Semua sistem bakal selesai sesudah anda menghimpit “Sell”.

2. TokoMall

Selanjutnya ada marketplace NFT yang berasal dari Indonesia, yaitu TokoMall. Untuk gunakan marketplace ini, anda mesti punyai account TokoMall dan punyai dompet MetaMask yang saldo BNB nya telah terisi. BNB berikut bakal digunakan sebagai fee. Jika sudah, membuka account TokoMall milikmu, sesudah itu terhadap bagian profil, klik “Buat NFT”. Lalu, unggah NFT milikmu dan mengisi knowledge pendukung, contohnya judul dan uraian dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Pada bagian serial, diisi bersama dengan jumlah seberapa banyak NFT kalian bakal beredar. Pada TokoMall fee dikenakan dua kali, yaitu waktu anda mendaftarkan NFTmu ke blockchain dan ketika tawarkan NFT waktu bakal dijual.

3. Axie Infinity

Bagian ketiga ada Axie Infinity. Axie Infinity ini adalah marketplace untuk menjual NFT game Axie Infinity. Dari marketplace ini anda sanggup bersama dengan gampang mendapatkan Land, Axie, serta bermacam item lain yang sanggup dipakai terhadap permainannya. Ada pun langkah menjual NFTnya adalah memicu dompet MetaMask, sesudah itu membuat Ronin Wallet, lantas memicu account Axie di web resminya. Kemudian, anda sanggup pilih log in bersama dengan MetaMask, Ronin Wallet, atau email.

Hal unik dari Axie Infinity ini adalah penjualan NFT sanggup gunakan 2 sistem, yaitu sistem harga tetap atau gunakan harga lelang. Untuk harga tetap, contohnya NFT anda bakal dijual seharga 0,5 ETH, maka nilai penjualannya bakal tetap 0,5 ETH. Berbeda kecuali pilih harga lelang, yaitu anda mesti pilih harga awal, harga akhir, sampai durasi penjualannya. Misal, anda mengambil keputusan harga awal 0,5 ETH dan harga akhir dalam satu harinya 0,8 ETH. Maka, nilai NFT anda bakal meningkat tiap harinya, dari 0,5 menjadi 0,8 ETH dan seterusnya.

4. NBA Top Shot

Apakah kini anda makin paham berkenaan apa itu marketplace NFT? Masih ada ulang pilihan untuk anda gunakan. Untuk gunakan marketplace NBA Top Shot, anda mesti mendaftar dulu bersama dengan mendatangi laman resminya. Kemudian, tekan tombol “Sign Up” yang berada di pojok kanan atas. NFT di NBA Top Shot dikategorikan menjadi 4 berdasarkan kelangkaan dan keunikannya, yaitu ada tingkatan Common, Fandom, Rare, serta Legendary. Untuk mengawali menjual atau mengoleksi NFT, anda hanya mesti menghimpit “Start Your Collection”.

5. Solanart

Untuk gunakan Solanart, anda mesti punyai dompet digital Solana, contohnya Sollet atau Phantom. Jika sudah, tekan terhadap bagian “Connect Wallet” di laman Solanart. Contohnya, sambungkan bersama dengan Phantom, lantas tekan “Connect”. Untuk mengawali pembelian NFT, anda hanya mesti melaksanakan pencarian di kolom pencarian. Jika telah menemukannya, maka tinggal tekan “Buy”. Sedangkan untuk menjualnya, anda pilih terlebih dahulu koleksi NFT milikmu, sesudah itu pilih “Sell”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.